Kunci Sukses Belajar Membaca

kunci sukses belajar membacaKegembiraan dalam suasana yang menyenangkan adalah kunci keberhasilan kegiatan belajar membaca. Jadi Anda harus menciptakan suasana yang membuat nyaman dan senang anak Anda. Suasana hati orangtua juga harus dalam kondisi yang nyaman pula. Suasana yang menyenangkan akan menumbuhkan semangat anak belajar. Harus diingat, sejatinya anak-anak sangat senang belajar dan mereka melakukannya dengan sangat cepat. Memilih ruangan yang tepat juga menjadi bahan pertimbangan. Jangan menggunakan tempat dimana banyak benda-benda yang akan menarik perhatiannya, baik penglihatan maupun suara. Jangan menyetel radio dan televisi yang akan menarik perhatiannya.

Ruangan yang dipakai juga usahakan jangan banyak pernak-pernik hiasan dan gambar yang bisa jadi akan membuat anak mengalihkan perhatiannya.

Setelah bahan dan materi pelajaran sudah siap, saatnya Ayah Bunda memulai kegiatan yang menyenangkan bagi anak. Pergunakan huruf-huruf kecil dengan ukuran besar dengan spidol merah. Mengapa spidol merah? Warna merah akan menarik perhatian anak. Huruf-huruf ditulis dengan ukuran besar karena penglihatan si anak belum berkembang. Secara perlahan, ukuran huruf diperkecil dan ditulis dengan spidol hitam seiring kemampuan melihatnya yang terus berkembang.

Lakukanlah kegiatan belajar ini dengan tahapan-tahapan yang memungkinkan anak mampu mengikutinya dengan baik. Mulailah dengan kata-kata tunggal. Cukup gunakan lima belas kata tunggal yang ada pada kartu untuk bayi belajkar membaca seri 1 & seri 2. Tunjukkan kartu-kartu yang berisi kata-kata tunggal dengan cepat (satu detik per kartu). Selain untuk memperkaya perbendaharaan kata, juga agar anak tidak bosan dan menonton melihat dan mendengar kata-kata yang itu-itu saja. Saat menunjukkan kata-kata tersebut, Ayah Bunda jangan lupa membacakan dengan intonasi suara yang menyenangkan.

 

Konsistensi

Sebelum memulai kegiatan belajar membaca, Ayah Bunda harus mempersiapkan terlebih dahulu materi yang akan diberikan dengan cermat dan baik. Persiapan yang matang akan mempermudah pelaksanaan kegiatan belajar membaca ini. Setelah persiapan bahan materi lengkap, Anda juga harus menguasai semua bahan materi pengajaran yang akan diberikan pada anak.

Buatlah program yang sederhana agar kegiatan membaca ini berhasil. Anda tidak perlu ambisius dan terlalu terbebani dengan target-target, misalnya, dalam jangka waktu tertentu anak harus sudah mampu menyerap bahan materi yang diberikan. Yang penting lakukan program dengan konsisten. Misalkan, sudah ditetapkan sehari 3 kali dengan durasi beberapa menit saja, nah laksanakan program tersebut secara konsisten dan dengan materi pelajaran yang terus baru. Tapi, ingat, begitu anak merasa bosan, segera hentikan. Ulangi kembali kalau mood anak sudah kembali ceria.

Minat dan semangat anak belajar membaca sangat tergantung pada 3 hal:

  1. Kecepatan menunjukkan bahan pelajaran, dalam hal ini kata-kata yang ditulis besar besar di karton tebal.
  2. Jumlah bahan pelajaran yang baru.
  3. Cara mengajar yang menyenangkan.